Sunday, March 13, 2016

Umbul sido mukti Dan Pondok Kopi



Halo #KawanBermain selamat siang sehat – sehat saja kan keadaanya? kali ini saya akan menceritakan perjalanan menuju kawasan wisata alam yang cukup terkenal di Semarang tepatnya di Ungaran dengan keindahannya serta udara yang sejuk. Langsung saja yuk simak cerita selengkapnya.


Perjalanan kali ini akan menuju kawasan wisata umbul Sidomukti dsn pondok kopi yang merupakaan suatu pemandian kolam renang alam yang berada pada sebuah bukit dan memiliki pemandangan indah yang langsung tertuju pada kota Semarang dan tempat nongkrong paling hits di Semarang. Pemandian ini juga merupakan salah satu Wisata Alam Pegunungan di Semarang, tepatnya berada di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Kawasan wisata ini memiliki keindahan alam serta permainan outbond yang bisa memacu adrenalin seperti : Outbond Training, Adrenalin Games, flying fox dan Jalur Trecking. Selain memiliki permainan outbond di Umbul sido mukti juga memiliki kelebihan lain seperti pondok makan, pondok kopi, Camping Ground dan Meeting Room.


Umbul Sida Mukti memiliki empat buah kolam pemandian yang bertingkat dan dapat dipilih sesuai kedalaman yang diinginkan. Airnya yang sejuk tapi sangat dingin dan menyegarkan membuat setiap orang ingin berlama – lama di pemandian ini untuk menikmaati keindahan alam dari pemandian ini serta merasakan segarnya udara di pegunungan yang mengandung banyak oksigen daripada udara di kota yang sering tercemar oleh asap kendaraan bermotor. Pemandian alam Umbul Sidomukti terletak di sebuaah bukit yang berada pada lereng gunung ungaran dengan ketinggian 1200 mdpl, diapit jurang dikedua sisinya.


Sedangkan Pondok kopi merupakan tempat nongkrong hits di kota Semarang, tetapi untuk dapat sampai ke tempat ini tidak lah mudah jalan menuju sini menanjak dan berkelok – kelok sehingga bagi yang membawa mobil harus memiliki skill yang tinggi. Disamping jalan yang menanjak disini juag memiliki pemandangan yang indah dari sebuah atas bukit tetapi setelah matahari tenggelam jalanan semakin mencekam, dikarenakan kurangnya penerangan jalan dan sedikit jalan yang rusak TETAP BERHATI – HATI.


Akses menuju Lokasi

Untuk menuju lokasi wista ini saya melakukan perjalanan dari kota Semarang sekitar 2 jam dengan rute Tugu muda ke arah selatan menuju Ungaran arah Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Setelah menuju ungaran lihat kiri jalan ada Baliho penunjuk jalan Candi Gedung Songo, ada pom bensin Lemah abang di sisi kiri jalan, belok kanan menuju ke arah Bandungan. Sampai di Pasar Jimbaran di sisi kiri, akan ada gang bertuiskan sidomukti di sisi kanan dengan jalan menanjak. Di sepanjang jalan kecil ada beberapa papan petunjuk untuk sampai ke Taman Renang Alam Umbul Sidomukti, Desa Sidomukti, Bandungan, Semarang.


lha masuk jalan maka akan diarahkan petunujuk jalan menuju Umbul Sida Mukti dan Pondok Kopi. Rute menuju tempat wisata kali ini cukup mudah karena hanya melewati jalur dalam kota dan banyak petunjuk jalan yang memudahkan wisatawan untuk menemukan tempat wisata ini.

Biaya Masuk
Tiket masuk : Rp 5000/orang
Parkir Mobil : Rp 3000/orang
Parkir Motor : Rp 2000/orang
Flying fox : Rp 20000/orang

Setelah sampai menyelesaikan administrasi saya menuju ket empat pertama Umbul sida mukti untuk melakukan permaian outbond yang berada di daerah ini. Hal pertama yang saya coba yaitu menaiki sebuah Flying fox dengan panjang lintasan sekitar 110 meter *hanya perkiraan akrena saya tidak membawa alat ukur*. Dengan jarak ketinggian dari titik terendah lembah sekitar 70 meter, Flying fox ini menyeberangi lembah dengan kecepatan 40km/jam kalau diumpamakan naik kendaraan bermotor, jadi seakan berpindah dari lereng bukit ke bukit di seberang dengan bergantung pada dua utas tali dan pengaman serta helm. Seperti biasa, flying fox dapat dilakukan dengan memilih gaya terlungkup seperti superman sedang terbang yang mendebarkan, atau gaya tradisional seperti gaya duduk dan pastikan anda tidak mempunyai penyakit jantung.


Kawasan umbul sido mukti memiliki udara yang sejuk tapi dingin, jadi ketika masuk kolam renang apabila tidak kuat dingin disarankan jangan masuk menuju kolam renang karena sangat dingin*BBrrrrr*. Setelah cukup puas menikmati permainan outbond dan bermain dengan air yang dingin, akhirnya kami melakukakan perjalanan untuk mencari kehangatan seperti meminum kopi atau coklat panas. Tetapi untuk mencari kehangatan itu harus melakukan perjalanan naik menuju ke tempat nongkrong yang biasa disebut Pondok Kopi untuk menikmati secangkir kopi panas dan coklat panas.


Perjalanan menuju Pondok Kopi ternyata tidak mudah, masih harus menaiki tanjakan yang curam dan berkelok – kelok, kadang ada motor yang tidak kuat naik karena kelebihan beban *hahahaa*, kebanyakan motor yang tidak kuat naik seperti Matic atau motor tahun kuno. Jadi perhatikan motor yang kamu pakai dan beban orang yang kamu bawa, kalau perlu suruh melakukan pengukuran berat badan. Meskipun jalanan susah tetapi pemandangan kiri kanan lumayan bagus dengan banyaknya perkebunan bunga warga yang lumayan indah. setelah melakukan perjalanan yang lumayan cape skitar 30 menit, akhirnya kami sampai di Pondok kopi siap memesan maknan dan minuman.


Gambar 1 : Menyeruput Kopi


Gambar 2 : Suasana Alam ditemani Kopi dan sahabat


Gambar 3 : Suasana Alam ditemani Kopi dan sahabat

Gambar 4 : Depan Pondok Kopi


Pondok kopi yang berada diatas bukit tidak hanya menyajikan kopi dan makanan yang nikmat tetapi disini juga memberikan pemandangan yang indah dengan udara segar, karena di Pondok kopi memiliki view Gn ungaran yang membuat cuaca dingin dengan awan kabutnya yang mendukung untuk menikmati secangkir kopi panas.

Gambar 5 : Suasana Alam di area Pondok Kopi


Gambar 6 : Suasana Alam di area Pondok Kopi

Gambar 7 : Penulis Suasana Alam di area Pondok Kopi




Gambar 7 : Suasana Alam di area Pondok Kopi


Akhirnyan setelah puas bermain air, menikmati pemandangan di Pondok kopi dan minum kopi saya mulai meninggalkan Kawasan wisata Umbul sido mukti dan Pondok Kopi. Dah akhirnya pulang untuk menuju kehidupan anak kuliah semester tua yang penuh dengan tugas, setidaknya hari minggu bisa refresing meskipun 1 bulan sekali.


Saya akan selalu mengingatkan Perlu diperhatikan juga buat #KawanBermain yang berkunjung tetap jaga kebersihan ya.. Supaya tempat wisata yang bagus ini tetep terjaga keasrianya, kebersihanya, dan keindahanya. sampai disini dulu sampai ketemu di Trip selanjutnya :)



Penulis : Eka febry Setiawan
Instagram : @Febry282 atau @sukaabermain
Facebook : peepy

0 comments:

Post a Comment

Fungsi Klik